RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata pelajaran :
SIMULADI dan KOMUNIKASI DIGITAL
Kelas / Semester :
X/satu
Alokasi waktu : 6
Jam
A. Kompetensi Inti
3.
Memahami, Menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi tentang pengetahuan
factual, konseptual, operasional dasar dan metakognitif sesuai dengan bidang
dan lingkup simulasi dan komunikasi digital dan dasar bidang teknologi dan
rekayasa pada tingkat teknis, spesifik, detil dan kompleks, berkenaan dengan
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional dan internasional.
4.
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi dan prosedur
kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup
simulasi dan komunikasi digital dan dasar bidang teknologi dan rekayasa.
Menampilkan
kinerja dibawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan
standar kompetensi kerja.
B. Kompetensi Dasar
3.1
Menerapkan logika dan algoritma computer
4.1
Menggunakan fungsi-fungsi perintah (command)
c. Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1
Menerangkan perangkat computer
3.1.2
Menerangkan Hardware dan software
3.1.3
Menerangkan Logika dan algoritma computer
4.1.1
Melakukan pengetikan perintah
4.1.2
Mengoperasikan perintah
D. Tujuan Pembelajaran
Melalui
pengamatan, Tanya jawab, penugasan individu dan kelompok, praktek langsung,
serta penemuan diharapkan peserta didik dapat :
1.
Memahami tentang logika dan algoritma computer dengan bertanggung jawab
2.
menjelaskan tentang logika dan algoritma computer dengan benar
3.
menjelaskan tentang hardware dan software dengan santun
4.
menerapkan penggunaan logika dan algoritma computer dalam sebuah software
dengan bertanggung jawab.
5.
memasang ulang hardware secara mandiri memenuhi K3 dan SOP dengan bertanggung
0 comment